5 Tips Membersihkan Plafon Mobil Berjamur yang Terbukti Berhasil

Plafon Mobil Berjamur auto draft 5 Tips Membersihkan Plafon Mobil Berjamur yang Terbukti Berhasil Plafon Mobil Berjamur

Tips membersihkan plafon mobil berjamur – Tidak hanya bagian eksterior saja yang harus dibersihkan tapi bagian interior mobil pun perlu diberikan penanganan dan perawatan khusus terutama bagian plafonnya. Hal itu dikarenakan plafon tersebut terbuat dari bahan khusus berupa fabric dan juga beludru. Masalah yang sering terjadi adalah plafon tersebut berjamur.

Plafon Mobil Berjamur auto draft 5 Tips Membersihkan Plafon Mobil Berjamur yang Terbukti Berhasil Plafon Mobil Berjamur
Plafon Mobil Berjamur

Jika Anda mengalami masalah ini tidak perlu panik karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkannya menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar Anda. Simak tips membersihkan plafon mobil berjamur yang bisa dilakukan berikut ini:

Siapkan Bahan

Sebelum Anda tahu bagaimana tips membersihkan plafon mobil berjamur ada baiknya jika Anda mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Tanpa bahan-bahan yang lengkap pembersihan akan terasa kurang maksimal. Bahan pertama yang harus Anda siapkan adalah sikat lembut dan Anda bisa menggunakan sikat gigi bekas. Jangan menggunakan sikat bekas yang bulunya sudah rusak meskipun bulu sikat tersebut halus. Bulu sikat yang rusak disebabkan oleh jangka penggunaan sikat yang lama sehingga jika menggunakan sikat dengan kondisi seperti itu hanya akan membuat material dan struktur plafon mobil menjadi rusak. Anda juga perlu menyiapkan kain lap lembut atau tissue. Untuk bahan terakhir yang harus disiapkan adalah cairan pembersih. Cairan ini tidak boleh sembarangan sehingga hanya bisa didapatkan di bengkel mobil atau pusat aksesoris mobil. Pastikan jika cairan pembersih tersebut bisa digunakan untuk mengatasi jamur yang membandel.

Langkah-Langkah

Setelah bahan dirasa sudah lengkap, kini Anda bisa mulai membersihkan plafon mobil yang berjamur tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan:

  1. Siapkan cairan pembersih

Tips membersihkan plafon mobil berjamur yang pertama adalah siapkan cairan pembersih yang sudah Anda beli sebelumnya. Tuangkan cairan pembersih tersebut pada wadah atau cawan, kemudian letakkan di tempat yang aman dan tidak bisa dijangkau oleh anak-anak. Jika cairannya jenis semprot Anda bisa langsung menyemprotkannya ke bagian plafon yang terkena jamur tanpa menggunakan cawan.

  1. Celupkan dan oleskan

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah segera celupkan sikat gigi yang sudah disiapkan tersebut ke dalam cawan berisi cairan pembersih dan pastikan semua permukaan sikat bisa terkena oleh cairan. Setelah itu oleskan sikat ke bagian plafon yang berjamur. Mengoleskannya harus secara perlahan-lahan dan menggunakan gerakan searah. Setelah itu tunggu sampai lapisan pembersih di area plafon tersebut muncul. Biasanya lapisan ini berwarna putih kental dan sedikit berbusa.

  1. Bersihkan dengan lap atau tissue

Bersihkanlah plafon yang sudah disikat tersebut dengan menggunakan kain lap atau tissue. Jangan digosok-gosokan di plafon tapi cukup tempel-tempelkan supaya lapisan pembersih bisa semuanya terangkat. Coba lihat plafon mobil Anda apakah jamur tersebut benar-benar sudah hilang, jika belum segera ulangi langkah-langkah yang telah disebutkan di atas dengan baik dan benar.

  1. Keringkan

Setelah semua langkah sudah dilakukan cara terakhir adalah Anda harus mengeringkan plafon mobil tersebut. Jika tidak segera kering akan menyebabkan bekas cairan pembersih akan nampak di plafon. Cara pengeringannya cukup mudah yaitu dengan menggunakan hair dryer dengan kecepatan sedang, kemudian arahkan ke plafon tersebut sampai kondisinya benar-benar kering.

Tips membersihkan plafon mobil berjamur yang telah disebutkan di atas tidak akan maksimal jika tidak disertai dengan perawatan plafon yang baik dan benar, sehingga setelah melakukan pembersihan tersebut Anda harus merawat plafon dari asap rokok, tidak menyentuh plafon dengan tangan kotor dan juga menghindari sirkulasi AC bermasalah karena terbukti bisa membuat plafon cepat kotor kemudian berjamur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *