Cara Perawatan AC Mobil Berkala Agar Tetap Dingin

cara perawatan ac mobil berkala agar tetap dingin Cara Perawatan AC Mobil Berkala Agar Tetap Dingin Istirahatkan AC

Banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara perawatan AC mobil berkala agar tetap dingin. Efeknya, AC pada mobil tidak akan berumur lama dan sering kena masalah. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa fitur AC pada mobil sangat menentukan kenyamanan dalam berkendara. Jadi saat terkena masalah sedikit saja, rasa kenyamanan tersebut pasti akan terusik. Contoh kasus yang sering terjadi pada AC mobil adalah keluarnya bau tidak sedap, atau yang paling klasik adalah AC sudah tidak sedingin sebelumnya. Nah, sebagai sebuah komponen dalam mobil yang sering digunakan, maka sudah selayaknya anda merawat AC secara berkala supaya kinerjanya tetap terjaga optimal. Jika anda sedang mencari tahu bagaimana cara perawatan AC mobil berkala agar tetap dingin untuk segala jenis mobil, maka anda bisa menyimak penjelasannya di bawah ini.

Jaga Kebersihan Karpet atau Lantai Mobil

Karpet atau Lantai Mobil cara perawatan ac mobil berkala agar tetap dingin Cara Perawatan AC Mobil Berkala Agar Tetap Dingin Karpet atau Lantai Mobil
Karpet atau Lantai Mobil

Faktor kebersihan menempati urutan pertama yang menyebabkan AC anda menjadi kurang dingin. Bagaimana tidak, jika karpet atau lantai mobil anda kotor, maka udara di sekitarnya pun akan tercemar. Buruknya udara di dalam mobil ini akan menyebabkan filter AC mobil anda bekerja lebih keras daripada sebelumnya. Maka jika anda mempunyai kebiasaan buruk seperti makan, minum, bepergian ke tempat-tempat rawan kotor, atau bahkan susah menjaga anak anda untuk mengotori karpet mobil, maka sepertinya anda harus mulai mengubah kebiasaan-kebiasaan tersebut.

Bersihkan Kondensor

kondensor AC Mobil cara perawatan ac mobil berkala agar tetap dingin Cara Perawatan AC Mobil Berkala Agar Tetap Dingin kondensor AC Mobil
kondensor AC Mobil

Anda bisa melakukan perawatan berkala dengan sering-sering membersihkan kondensor AC mobil anda. Karena seperti yang anda ketahui, kondensor juga merupakan komponen paling penting dari AC. Jika terlalu banyak kotoran dan yang menempel pada kondensor dan anda tidak segera membersihkannya, maka bisa dipastikan cepat atau lambat kotoran tersebut akan mengeras dan meningkatkan risiko terjadinya korosi pada kondensor AC bahkan kebocoran. Anda bisa membersihkan kondensor secara berkala saat mencuci mobil. Silakan buka bagian kondensor yang berbentuk seperti radiator dan semprotkan air kencang untuk membilas kotorannya.

Istirahatkan AC secara Berkala

Istirahatkan AC cara perawatan ac mobil berkala agar tetap dingin Cara Perawatan AC Mobil Berkala Agar Tetap Dingin Istirahatkan AC

Sama seperti komponen lainnya, AC mobil juga membutuhkan waktu istirahat. Anda bisa mematikan AC beberapa saat ketika anda melakukan perjalanan jauh untuk tetap menjaga performa AC. Selain itu, AC yang terus-menerus menyala akan menyebabkan kabin mobil menjadi dingin. Mengistirahatkan AC juga bertujuan untuk mencegah pembekuan pada saluran AC.

Parkirkan Mobil di Tempat Teduh

Cara perawatan AC mobil berkala agar tetap dingin selanjutnya adalah dengan memarkirkan mobil di tempat yang teduh. Mungkin cara perawatan ini cenderung kepada pola kebiasaan anda saat memilih tempat parkir. Namun ternyata suhu mobil yang panas pun turut berpengaruh kepada kinerja AC. Jadi, saat mobil diparkirkan di tempat yang panas, maka suhu di dalam mobil pun akan ikut panas. Maka saat anda mulai menyalakan AC, beban kerja yang diterimanya pun semakin berat. Dengan demikian, umur AC pun akan berkurang.

Service AC secara Berkala

Setelah semua perawatan di atas anda lakukan, maka langkah yang terakhir adalah dengan melakukan servis secara berkala pada AC anda. anda bisa mengecek bagian-bagian AC yang terdiri dari kompresor, receiver, dyer, kondensor, evaporator, hingga freon. Jangan menunggu hingga AC menurun kinerjanya baru anda periksakan. Bisa-bisa malah anda keluar biaya banyak nantinya.

Demikianlah informasi mengenai cara perawatan AC mobil berkala agar tetap dingin. Semoga bermanfaat.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *