6 Bunyi Berisik Pada Mobil yang Harus Diwaspadai

bunyi mobil tidak wajar bunyi berisik pada mobil yang harus diwaspadai 6 Bunyi Berisik Pada Mobil yang Harus Diwaspadai bunyi mobil tidak wajar

Bunyi berisik pada mobil yang harus diwaspadai – Kondisi mesin mobil bisa terlihat dari suara yang dihasilkannya. Jika mobil halus suaranya maka kondisi mesinnya juga sedang bagus, begitu pula sebaliknya. Saat suara mobil berisik bisa dipastikan ada yang tidak beres dengan mobil tersebut sehingga Anda harus mencari tahu penyebabnya terlebih lagi jika sebelumnya suara mobil masih mulus dan tidak seperti itu. Akan menjadi kerusakan yang fatal jika sampai suara berisik tersebut diabaikan. Simak beberapa bunyi berisik pada mobil yang harus diwaspadai seperti berikut ini:

bunyi mobil tidak wajar bunyi berisik pada mobil yang harus diwaspadai 6 Bunyi Berisik Pada Mobil yang Harus Diwaspadai bunyi mobil tidak wajar
bunyi mobil tidak wajar

Mendengung Keras

Salah satu bunyi berisik yang sering dijumpai oleh pemilik mobil adalah mendengung dengan keras saat mesin dihidupkan. Ketika Anda menjumpai ini besar kemungkinan penyebabnya adalah van belt yang terlalu kencang. Van belt ini harus segera diperbaiki dan mendapatkan penanganan dengan segera karena bisa berdampak pada putusnya van belt tersebut. Saat van belt terputus menyebabkan water pump dan dinamo ampere tidak bekerja. Jangan dianggap enteng ketika hal tersebut terjadi karena dampaknya sangat berbahaya. Mobil akan menjadi panas karena sistem pendingin mesin tidak bekerja. Mobil yang panas akan mengalami mogok dan yang lebih parah mesin menjadi terpanggang sehingga kerusakan parah bisa terjadi. Untuk memperbaikinya tentu memakan biaya yang tidak sedikit.

Mencicit

Tidak hanya van belt yang terlalu kencang saja yang menyebabkan masalah pada mobil, namun yang terlalu kendur pun juga bisa menyebabkan masalah. Van belt yang kendur ini bisa menyebabkan mobil mengeluarkan suara mencicit di bagian mesin mobil. Van belt yang kendur ini juga tidak boleh dibiarkan begitu saja karena penanganan harus segera dilakukan dimana efek yang ditimbulkan sama dengan van belt yang kencang.

Bagian Kaki Mobil Berisik

Bunyi berisik pada mobil yang harus diwaspadai selanjutnya adalah bagian kaki mobil yang berisik. Hal ini akan bisa Anda rasakan ketika mobil berjalan atau melaju dengan kencang. Segera periksa kaki mobil tersebut di bengkel langganan Anda. Biasanya ketika kaki berbunyi berisik ini disebabkan bagian bearing roda atau permukaan ban yang sudah tidak rata.

Benturan Bunyi Logam

Suara berisik yang harus diwaspadai selanjutnya adalah berisik pada kaki mobil yang mana mirip dengan suara benturan bunyi logam. Hal ini akan muncul ketika Anda melewati jalanan yang tidak mulus dan berlubang. Saat Anda menemukan atau mendengarkan suara ini silahkan mengecek bagian tie-rod atau end-rod. Kedua komponen yang tidak presisi akan membuat bunyi tersebut menjadi muncul.

Mesin Kasar

Suara mesin yang kasar sering dikeluhkan saat menyalakan atau menghidupkan AC. Tidak hanya kasar saja namun suara mesin mobil menjadi terlalu berisik atau bergemuruh. Saat hal ini terjadi besar kemungkinan penyebabnya adalah bearing kompresor AC atau terjadi kebocoran di bagian oli kompresornya. Jangan mengacuhkan saat hal ini muncul karena bisa menyebabkan kerusakan parah di bagian kompresor AC.

Berdenting

Suara berdenting akan ditemukan ketika Anda menginjak gas terutama bagi Anda yang memiliki mobil dengan jenis penggerak roda belakang atau RWD. Bunyi berdenting tersebut menjadi tanda ada masalah pada bagian kopel dimana disebabkan oleh cross joint yang kondisinya sudah rusak atau pecah. Tidak hanya bunyi saja, masalah pada kopel akan menyebabkan laju mobil menjadi tidak nyaman karena tidak bisa meredam getaran.

Bunyi pada mobil akan menyebabkan kenyamanan berkendara menjadi terganggu, oleh sebab itu kenali mobil Anda dengan baik. Jika menemukan beberapa bunyi berisik pada mobil yang harus diwaspadai seperti di atas, segera berkonsultasilah dengan bengkel langganan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *