8 Tips Merawat Knalpot Mobil Agar Awet dan Anti Karat

Selalu Memanasi Mobil  8 Tips Merawat Knalpot Mobil Agar Awet dan Anti Karat Selalu Memanasi Mobil

Tips merawat knalpot mobil – Knalpot membutuhkan perhatian, sebab akan sering bermasalah jika tidak dirawat dengan baik. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah knalpot menjadi keropos dan bentuknya menjadi tidak menarik lagi. Selain itu ancaman lainnya adalah warna knalpot akan mudah menjadi kusam bahkan bisa jebol di bagian silencernya yang mana menyebabkan suara yang keluar dari knalpot itu menjadi cempreng. Supaya hal tersebut tidak terjadi, simak beberapa tips merawat knalpot mobil yang baik dan benar berikut ini:

Pemberian Oli

Pemberian Oli mobil  8 Tips Merawat Knalpot Mobil Agar Awet dan Anti Karat Pemberian Oli 533x400

Tips merawat knalpot mobil yang pertama adalah Anda bisa memberikan oli ke dalam lubang knalpot. Fungsi dari oli tersebut adalah untuk membuat kondisi silencer basah sehingga karat tidak akan muncul karena tidak akan langsung terhubung dengan udara. Untuk pemberiannya sebaiknya dilakukan dalam kondisi knalpot panas. Anda bisa memanasi mobil terlebih dahulu setelah mesin dan knalpot dirasa panas segera masukkan oli tersebut. Berikanlah secukupnya saja sekitar 500 ml.

Cek Drainase

Yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan melakukan pengecekan pada drainase. Setiap knalpot mobil memiliki lubang drainase dimana fungsinya adalah untuk menampung air yang masuk ke dalam silencer supaya tidak menjadi tergenang. Drainase ini letaknya ada di ujung bawah silencer dan berdekatan dengan pipa leher knalpot tersebut. Pengecekan ini berfungsi untuk memastikan jika drainase tersebut tidak mengalami buntu atau mampat. Caranya cukup dengan memasukkan lidi, jika dirasa tidak ada hambatan di dalamnya menandakan tidak ada kebuntuan.

Selalu Memanasi Mobil

Selalu Memanasi Mobil  8 Tips Merawat Knalpot Mobil Agar Awet dan Anti Karat Selalu Memanasi Mobil 552x400
Selalu Memanasi Mobil

Meski jarang menggunakan mobil jangan lupa untuk selalu memanaskan mesin mobil tersebut. Hal ini sangat penting untuk membuat mesin tetap memiliki performa yang bagus. Selain itu memanaskan mobil setiap hari ini juga berfungsi sebagai pencegah munculnya karat pada knalpot tersebut. Untuk pemanasan agar knalpot awet ini membutuhkan teknik khusus yaitu saat akan mematikan mesin mobil, injak pedal gasnya sehingga dicapai rpm tertinggi. Fungsinya adalah untuk menghilangkan kandungan air yang masih tersisa di bagian dalam knalpot tersebut.

Ampelas Knalpot

amplas knalpot Mobil  8 Tips Merawat Knalpot Mobil Agar Awet dan Anti Karat amplas knalpot Mobil
amplas knalpot Mobil

Jika sudah telanjur muncul karat cara menghilangkan yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan ampelas. Anda bisa menyemprotkan cairan penghilang karat ke knalpot mobil tersebut kemudian gosok dengan menggunakan ampelas. Cairan ini tidak boleh digunakan setiap waktu karena sifatnya yang korosif sehingga justru akan mengikis lapisan knalpot mobil tersebut.

Pelapis

Agar tampilan knalpot lebih kinclong ada baiknya jika Anda melapisinya dengan pengkilap. Pengkilap ini seperti semir yang mana akan membuat warna knalpot mobil seperti baru lagi. Tidak di pungkiri jika knalpot ini warnanya akan mudah kusam dan pudar sehingga pelapis ini sangat diperlukan.

Segera Keringkan Knalpot

Saat kondisi hujan seperti saat ini penting bagi Anda untuk segera mengeringkan knalpot tersebut. Sebab jika tidak segera dikeringkan knalpot akan mudah menjadi keropos terkena air hujan. Setelah dikeringkan pada bagian luarnya Anda juga harus mengeringkan bagian dalam dengan memanasi mesin mobil tersebut.

Cairan Portex

Jika knalpot memiliki noda yang membandel Anda bisa membersihkannya dengan cairan portex. Dengan cairan ini noda membandel akan mudah menghilang. Namun yang harus diingat adalah cairan ini sifatnya sangat kuat sehingga harus berhati-hati dalam pengaplikasiannya.

Pertamax dan Minyak Tanah

Jika knalpot mobil terkena noda aspal sebaiknya segera menghilangkan percikan aspal tersebut menggunakan pertamax yang dicampurkan dengan minyak tanah. Oleskan pada bagian knalpot yang terkena aspal tersebut kemudian sikat dengan sikat gigi yang bulunya masih halus dan lembut.

Supaya bisa berfungsi dengan baik knalpot harus dijaga dengan baik dan benar. Terlebih lagi jika knalpot yang dimiliki masih orisinal dibutuhkan kehati-hatian dalam perawatannya. Lakukanlah beberapa tips merawat knalpot mobil seperti yang dijelaskan di atas untuk membuat knalpot awet dan anti karat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *