6 Tips Merawat Bumper Mobil yang Paling Efektif

Pengencangan Baut Mobil tips merawat bumper mobil 6 Tips Merawat Bumper Mobil yang Paling Efektif Pengencangan Baut Mobil

Tips merawat bumper mobil – Bumper adalah eksterior yang bisa mempengaruhi penampilan mobil. Mobil akan terlihat semakin keren jika bumpernya terawat dengan baik. Hal itu dikarenakan saat dilihat dari depan, bumper ini yang akan dilihat pertama kali. Sebenarnya sejak awal penciptaan mobil, bumper ini bertujuan sebagai pengaman bagi si pengendara tersebut. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika pada mobil keluaran lama dilengkapi dengan bumper yang kuat seperti pelat dari besi. Namun karena persaingan industri mobil yang semakin sengit tidak mengherankan jika bumper mulai beralih fungsi yaitu sebagai hiasan body mobil supaya lebih keren dipandang.

Bumper pada mobil saat ini lebih banyak dibuat dari bahan plastik dan fiber dibandingkan dengan bahan metal atau besi. Saat terjadi kecelakaan, maka bumper inilah yang akan menjadi korbannya pertama kali dimana sering rusak atau bahkan hancur karena bahan pembuatnya  yang ringkih. Untuk bisa membuat tampilan bumper tetap cantik dan terhindar dari kerusakan, simak tips merawat bumper mobil yang paling efektif berikut ini:

Zona Nyaman Berkendara

Tips Merawat Bumper Mobil tips merawat bumper mobil 6 Tips Merawat Bumper Mobil yang Paling Efektif Tips Merawat Bumper Mobil
Tips Merawat Bumper Mobil

Tips merawat bumper mobil yang bisa dilakukan pertama adalah hindarilah zona yang berbahaya untuk berkendara. Pilihlah yang zonanya nyaman sehingga risiko bumper untuk terkena bentrokan atau kecelakaan rendah. Yang dimaksud dengan zona nyaman ini adalah angka kecelakaan di jalan tersebut rendah selain itu kepadatan lalu lintasnya tidak ekstrem. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya jika saat ini angka kepemilikan kendaraan empat atau mobil semakin meningkat, sehingga hal tersebut berdampak pada lalu lintas di jalan raya yang semakin padat.

Polisi Tidur yang Tinggi

Polisi tidur yang mudah ditemukan di jalan ini sebenarnya memiliki manfaat dan juga kekurangan. Manfaatnya adalah bisa mencegah pengendara baik motor maupun mobil untuk tidak mengebut namun kekurangannya adalah bisa menyebabkan bentrokan jika si pengemudi tidak hati-hati. Shock yang rendah akan menyebabkan kendaraan akan mudah terbentur atau bahkan tergores dengan polisi tidur tersebut. Oleh sebab itu berhati-hatilah saat melintasi polisi tidur ini, usahakan kurangi kecepatan dengan sedikit mengerem supaya benturan atau goresan tidak terjadi.

Pengencangan Baut Mobil

Parkir di Tempat yang Aman tips merawat bumper mobil 6 Tips Merawat Bumper Mobil yang Paling Efektif Pengencangan bumper mobil 711x400
Parkir di Tempat yang Aman

Tips merawat bumper mobil selanjutnya yang bisa dilakukan mengecengkan baut dan mur bumper mobil tersebut. Tujuan pengecekan supaya bumper tidak renggang dan tidak kendur. Selain itu pengencangan bertujuan untuk membuat lubang baut tersebut tidak rusak atau dol.

Sesuai Spesifikasi

Melakukan modifikasi mobil boleh-boleh saja yaitu dengan mengganti bumper dengan variasi. Namun yang harus diketahui adalah pilihlah bumper yang mana sesuai dengan spesifikasinya. Jangan mengurangi tinggi bumper dari spesifikasi yang sebenarnya karena hal itu akan membuat bumper menjadi tidak awet bahkan rusak.

Parkir di Tempat yang Aman

Parkir di Tempat yang Aman tips merawat bumper mobil 6 Tips Merawat Bumper Mobil yang Paling Efektif Parkir di Tempat yang Aman
Parkir di Tempat yang Aman

Agar bumper terawat dengan baik penting untuk memarkirkan di tempat aman, terutama yang berbahan plastik. Bergesekan sedikit dengan mobil lainnya atau dengan benda keras akan membuat bumper dari bahan plastik ini mudah tergores. Tidak hanya itu saja parkir di outdoor juga akan membuat bumper mobil menjadi kepanasan dimana hal tersebut bisa membuat warnanya menjadi cepat pudar dan mudah mengelupas. Bumper juga akan menjadi cepat kusam jika sering kepanasan.

Berikan Polish Bumper

Karena merupakan bagian eksterior mobil yang mudah terlihat oleh mata maka tampilan bumper ini harus diperhatikan. Cara perawatan terakhir yang tidak boleh diabaikan adalah memolesnya dengan polish bumper. Tujuannya adalah untuk membuat tampilan bumper ini tetap kinclong dan memukau. Pastikan sebelum memolesnya, bumper harus terbebas dari kotoran dan debu terlebih dahulu.

Bumper ini menjadi bagian mobil yang sering bermasalah terutama jika terjadi kecelakaan. Permasalahannya pun bermacam-macam mulai dari lecet, baret, bahkan penyok. Oleh sebab itu lakukanlah tips merawat bumper mobil yang disebutkan di atas untuk membuatnya awet dan tampilannya tetap menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *