4 Perbedaan Perawatan Mobil Matic vs Manual Yang Perlu Diketahui

Mobil Matic perbedaan perawatan mobil matic vs manual 4 Perbedaan Perawatan Mobil Matic vs Manual Yang Perlu Diketahui Mobil Matic

Perbedaan Perawatan Mobil Matic vs Manual Yang Perlu Diketahui – Untuk kalian yang akan membeli mobil baru dan masih bingung untuk memilih, silahkan amati artikel mengenai “Perbedaan Perawatan Mobil Matic vs Manual Yang Perlu Diketahui” ini. Selain itu, setiap jenis mobil memiliki kelemahan dan kekurangan masing- masing jenis. Sementara, terdapat dua jenis tipe mobil yang ada di pasaran yakni Mobil Matic dan Mobil Manual. Apakah kalian telah memiliki pilihan yang tepat? Berikut ini pembahasan mengenai perbedaan perawatan mobil matic dan manual:

Perawatan Pada Mobil Matic

Mobil Matic perbedaan perawatan mobil matic vs manual 4 Perbedaan Perawatan Mobil Matic vs Manual Yang Perlu Diketahui Mobil Matic
Mobil Matic
  1. Kanvas rem pada mobil matic cenderung lebih cepat kering. Jadi bersiaplah untuk kalian yang memiliki mobil matic dan sering dipakai untuk jarak yang jauh, seringlah mengganti dan membawa mobil kesayangan kalian untuk servis. Akan tetapi, menurut beberapa bengkel servis mobil matic, sebenarnya kanvas rem pada mobil matic yang cepat haus ini sebenarnya tergantung tiap penggunanya. Jadi selama kalian tidak sembrono dalam pemakaian mobil jenis ini, tentunya tidak akan menjadi suatu permasalahan.
  2. Interval penggantian oli tranmisi pada mobil matic cenderung lebih hemat dari mobil manual. Misalnya, apabila interval pergantian oli tranmisi milih mobil manual 60.000 km, maka untuk mobil matic yakni hanya 30.000 km
  3. Selain itu, mengenai tarif penyervisan mobil matic di setiap bengkel memiliki harga standar seperti mobil tipe lainnya.
  4. Selanjutnya, jangan lupa untuk rutin melakukan pengecekan pada valve mobil matic kalian. Hal ini dikarenakan masalah kerusakan gasket tranmisi yang seringkali terjadi pada jenis mobil ini. Sedangkan penyebab dari kerusakan ini yakni tarikan gas atau sentakan gas yang terlalu keras.

Perawatan pada Mobil Manual

Mobil Manual perbedaan perawatan mobil matic vs manual 4 Perbedaan Perawatan Mobil Matic vs Manual Yang Perlu Diketahui Mobil Manual 600x400
Mobil Manual
  1. Kanvas rem pada mobil manual lebih hemat, jadi kalian para pengguna mobil jenis ini tidak perlu khawatir mengenai hal ini.
  2. Interval pergantian oli tranmisi untuk jenis mobil manual ini cenderung boros. Rata- rata mobil manual mengganti oli ini ketika mencapai 15.000 km. Di lain sisi, penggantian oli mesin mobil ini memiliki kriteria yang berbeda tergantung karakter mobil masing- masing. Menurut survei para pekerja bengkel mobil, rata- rata penggantian oli tranmisi mobil manual ketika mencapai 3000 km sampai 5000 km.
  3. Kebanyakan tarif yang disediakan setiap bengkel mobil memiliki harga standar seperti mobil jenis lainnya. Jadi jangan khawatir untuk selalu menyervis mobil kesayangan kalian ya!
  4. Perhatikan kesehatan starter mobil manual kalian. Kesusahan ketika menghidupkan mobil merupakan tanda starter mobil kesayangan kalian bermasalah pada bagian starternya. Oleh karena itu, memeriksa Filter setiap saat merupakan suatu kewajiban setiap pengguna mobil manual. Akan tetapi apabila kalian belum paham mengenai hal ini, akan lebih baik jika memeriksanya ke bengkel terdekat.

Nah itu dia beberapa Perbedaan Perawatan Mobil Matic vs Manual Yang Perlu Diketahui kalian guys. Jangan salah dalam memilih tipe mobil masa depan kalian agar tidak menyesal dan malah membenci untuk melakukan perawatan yang seharusnya. Di samping itu, sebenarnya dua jenis mobil ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing- masing, sehingga kalian harus memilih sesuai kebutuhan dan keadaan kalian. Kekurangan yang terdapat pada suatu jenis mobil merupakan kewajiban para pengguna untuk mengimbanginya dengan cara melakukan perawatan yang teratur dan kelebihan setiap mobil jangan dibuat sebagai suatu yang dimanjakan. Oleh karena itu, perhatikanlah kesehatan dan kondisi mobil kalian setiap saat. Semoga artikel mengenai Perbedaan Perawatan Mobil Matic vs Manual Yang Perlu Diketahui ini dapat bermanfaat, sekian terima kasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *