Perbedaan Cara Merawat Jok Mobil : Kulit, Semi Kulit dan Bludru

jok mobil semi kulit cara merawat jok mobil Perbedaan Cara Merawat Jok Mobil : Kulit, Semi Kulit dan Bludru jok mobil semi kulit 898x800

Cara Merawat Jok Mobil : Kulit, Semu Kulit dan Bludru – Jok mobil menjadi hal terpenting dalam mobil yang menentukan kenyamanan saat berkendara. Tidak terawatnya jok mobil akan membuat pengemudi dan seisi penumpang merasa risih dan tidak tenang selama perjalanan. Melihat adanya kotoran, debu, atau sisa makanan pada jok mengakibatkan malasnya masuk dalam mobil tersebut. Terlebih lagi, kondisi dari jok mobil juga menentukan karakter dan wajah dari si pemilik. Misalnya, apabila kalian minta tumpangan mobil kepada teman kalian kemudian masuk dan melihat kondisi jok mobil mereka yang kotor dan rusuh, tentu kalian mulai berfikir bahwa teman kalian tersebut adalah tipe orang yang tidak peduli kesehatan dan tidak peduli lingkungan. Tentu merupakan hal yang memalukan apabila hal tersebut terjadi kepada kalian. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas mengenai bagaimana Cara Merawat Jok Mobil : Kulit, Semu Kulit dan Bludru, karena setiap jok mobil memiliki bahan dan tekstur yang berbeda. Berikut ini penjelasan mengenai cara merawat jok mobil kesayangan kalian berdasarkan tipe jok masing- masing (kulit, semu kulit dan bludru):

1. Jenis jok mobil kulit

jok mobil kulit cara merawat jok mobil Perbedaan Cara Merawat Jok Mobil : Kulit, Semi Kulit dan Bludru jok mobil kulit
jok mobil kulit

Untuk jenis jok yang bertekstur kulit, perlu perhatian yang lebih banyak. Pasalnya, sisa makanan, tumpahan cair, dan lainnya harus segera dibersihkan karena akan lengket dan sulit untuk dihilangkan apabila sudah kering. Noda kecil seperti sisa makanan, kalian bisa membersihkannya dengan lap atau sikat khusus untuk jok. Usahakan setiap kali turun dari mobil, kalian sebagai penanggung jawab atau pemilik mobil harus selalu memeriksa keadaan jok, siapa tau ada penumpang di belakang yang tidak sengaja mengotori jok kalian. Terlebih lagi, kemungkinan yang paling sering dijumpai yakni anak kecil yang sembrono dalam makan jajanan di dalam mobil.

Sedangkan untuk perawatan yang lebih instensif, kalian dapat menggunakan cairan pembersih khusus jok berbahan kulit yang tersedia di toko- toko aksesoris mobil. Kemudian, untuk perawatan jok mobil yang intens ini dapat kalian lakukan hanya 3 bulan sekali karena apabila terlalu sering disikat dan dibersihkan dengan cairan pembersih ini malah akan memudarkan warna cat jok kesayangan kalian.

2. Jenis jok mobil semi kulit

jok mobil semi kulit cara merawat jok mobil Perbedaan Cara Merawat Jok Mobil : Kulit, Semi Kulit dan Bludru jok mobil semi kulit 449x400
jok mobil semi kulit

Setiap bahan dari jok semu kulit memiliki perawatan dan alat yang berbeda. Oleh karena itu, untuk merawat dan membersihkan jenis jok semi kulit ini memerlukan pembersih khusus jok semi kulit juga. Untuk kalian yang ingin membersihkan jok mobil ini dengan modal minim, kalian dapat menggunakan pembersih kaca atau shampoo. Tapi, rekomendasi dari kami adalah menggunakan cairan pembersih khusus jok mobil semi kulit karena akan memberikan dampak yang maksimal.

Di lain sisi, untuk keawetan kualitas jok ini, usahakan untuk tidak memarkirkan mobil kalian di area yang terkena sinar matahari langsung. Hal ini akan berdampak pada tekstur jok yang lebih mudah pudar dan kusam.

3. Jenis jok mobil beludru

jok mobil beludru cara merawat jok mobil Perbedaan Cara Merawat Jok Mobil : Kulit, Semi Kulit dan Bludru jok mobil beludru 600x400
jok mobil beludru

Yang terakhir, yakni jok mobil beludru. Jenis jok ini adalah jenis yang paling rentan dan mudah rusak dan kotor. Meskipun memberikan kenyamanan berkendara yang lebih, jok ini lebih cepat kotor dan berbau. Oleh karena itu, untuk kalian memiliki jok mobil berjenis ini, perlu memperhatikan betul mengenai kondisinya. Kalian dapat membersihkan jok mobil beludru ini secara rutin menggunakan vacuum cleaner. Untuk membersihkan jenis jok ini, kalian dapat menyemprotkan cairan pembersih khusus jok beludru  kemudian sikat secara searah. Keringkan dengan melepas jok dan biarkan di bawah terik sinar matahari untuk menghindari jamuran dan bau apek yang tidak sedap.

Demikianlah pembahasan mengenai cara merawat jok mobil : kulit, semi kulit dan bludru, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu kalian dalam merawat jok mobil kesayangan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *