Lebih Bagus Mana Mobil Manual Vs Matic

mobil matic vs manual mobil manual vs matic Lebih Bagus Mana Mobil Manual Vs Matic mobil matic vs manual

Mobil manual vs matic – Kondisi jalan raya yang semakin padat seperti saat ini, membuat  pemilihan kendaraan seperti mobil harus mempertimbangkan banyak hal. Tidak hanya fitur, mesin, eksterior, dan interiornya saja, namun jenisnya juga harus dipertimbangkan. Jika dulunya mobil hanya bisa digerakkan dengan cara manual, kini ada mobil matic yang mana transmisinya sudah otomatis. Mobil jenis manual maupun matic ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga bagi Anda yang sedang melirik untuk membeli mobil sebaiknya pertimbangkan kembali jenis mobil seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Simak beberapa perbedaan mobil manual vs matic yang patut untuk Anda pertimbangkan berikut ini:

Bahan Bakar

mobil matic vs manual mobil manual vs matic Lebih Bagus Mana Mobil Manual Vs Matic mobil matic vs manual 600x400
mobil matic vs manual

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan saat membandingkan mobil manual vs matic adalah bahan bakarnya. Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika mobil jenis manual ini jauh lebih irit dibandingkan dengan matic. Jika Anda sering bepergian jauh setiap harinya atau sering melakukan mobilisasi ada baiknya memilih mobil manual, karena bisa menghemat bahan bakar. Mobil manual ini perputaran mesinnya diatur oleh Anda. Anda bisa menginjak gas sampai berapa RPM, begitu pula dengan pengaturan giginya, sehingga dengan perputaran mesin yang rendah tersebut akan menyebabkan bahan bakar menjadi lebih irit. Berbeda dengan mesin matic, karena perpindahan transmisinya otomatis maka bahan bakar yang dikeluarkan harus ekstra.

Harga Oli Transmisi

oli mobil matic vs manual mobil manual vs matic Lebih Bagus Mana Mobil Manual Vs Matic mobil matic vs manual 600x400
oli mobil matic vs manual

Untuk mobil matic pergantian oli transmisi secara tepat waktu hukumnya wajib, karena terlambat mengganti oli hanya akan membuat mesin mudah rusak. Sebenarnya baik mobil manual maupun matic per 10 ribu kilometer oli transmisi ini harus diganti sedangkan per 40 ribu kilometer olinya harus dikuras. Jika ada yang mengatakan oli transmisi pada mobil manual tidak perlu diganti selama 3 tahun itu salah besar. Untuk harga oli transmisi mobil matic jauh lebih mahal dibandingkan dengan manual, oleh sebab itu biaya perawatan mobil matic ini jauh menguras kocek dibandingkan dengan mobil manual.

Harga

Jika Anda memiliki budget yang terbatas untuk membeli mobil maka pilihlah mobil manual karena harganya lebih murah. Harga mobil matic jauh lebih mahal dibandingkan manual karena lebih canggih. Bahkan perbedaan harga mobil matic dan manual ini bisa lebih dari 10 juta rupiah.

Peluang untuk Dijual Lagi

Inovasi dalam dunia otomotif akan terus berkembang, sehingga teknologi yang di bekalkan pada mobil dipercaya akan semakin canggih ke depannya. Saat itulah banyak yang memiliki keinginan untuk membeli mobil keluaran terbaru yang lebih canggih. Banyak yang menjual mobil lama mereka. Menjual mobil ini tidak mudah, karena tergantung dengan selera masyarakat saat ini. Untuk pangsa pasar saat ini banyak yang melirik membeli mobil matic dibandingkan dengan mobil manual terutama masyarakat di kota-kota besar. Sehingga bagi pemilik mobil manual agak kesulitan untuk menjual mobilnya. Harga jual dari mobil matic pun lebih tinggi dibandingkan dengan manual.

Sebaiknya Pilih Mana?

Setelah membaca perbandingan mobil manual vs matic tersebut kini semuanya kembali kepada pilihan Anda. Karena Anda harus bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Jika Anda memiliki mobilisasi tinggi setiap harinya maka mobil matic ini bisa dipilih karena anti pegal terutama jika harus menerobos jalanan yang macet setiap harinya. Namun jika membeli mobil hanya digunakan untuk saat-saat tertentu saja seperti mudik atau liburan bersama dengan keluarga maka mobil dengan transmisi manual bisa menjadi pilihan. Selain itu bagi pemula yang baru belajar mengemudi, mobil matic bisa menjadi pilihan karena lebih mudah dioperasionalkan dibandingkan dengan manual karena salah sedikit saja bisa berakibat fatal.

Mobil manual vs matic ini memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga jangan sampai salah pilih, pilihlah yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *