5 Cara Merawat Wiper yang Benar dan Mudah

gunakan cairan pembersih cara merawat wiper yang benar 5 Cara Merawat Wiper yang Benar dan Mudah af

Cara merawat wiper yang benar – Setiap mobil dilengkapi dengan wiper yang mana letaknya ada pada bagian kaca depan mobil. Hampir setiap kendaraan roda empat dan kendaraan muatan memiliki wiper ini. Fungsi dari wiper sangat penting yaitu menyapu air hujan yang turun dan membasahi kaca mobil. Jika tidak disapu dengan baik dan benar kaca akan menjadi buram akibat terkena rintikan hujan. Saat cuaca sedang tidak menentu seperti saat ini merawat wiper adalah hal wajib, karena Anda tidak akan pernah tahu kapan akan turun hujan dan membutuhkan wiper tersebut. Anda juga harus tahu bagaimana cara merawat wiper dengan baik dan benar, hal itu dikarenakan jangan sampai di saat Anda membutuhkannya justru wiper tidak bisa difungsikan sebagaimana dengan mestinya dimana hal itu akan membahayakan Anda. Berikut ini adalah cara merawat wiper yang benar yang bisa Anda lakukan:

Jaga Elastisitas Karet

Cara Merawat Wiper mobil cara merawat wiper yang benar 5 Cara Merawat Wiper yang Benar dan Mudah as 598x400

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah jaga elastisitas karet wiper tersebut. Selain terbuat dari rangka besi ternyata wiper ini juga terdiri dari material karet, fungsi inilah yang penting untuk menghalau air hujan yang mengenai kaca mobil. Supaya karet tidak menjadi getas penting bagi Anda untuk tidak parkir mobil di tempat yang panas. Karet wiper yang getas tidak akan bisa menyatu rintikan hujan dengan sempurna. Jika terpaksanya Anda harus memarkirkan mobil di tempat yang panas lindungi wiper tersebut dari sinar matahari secara langsung.

Mencuci Wiper

Mencuci Wiper mobil cara merawat wiper yang benar 5 Cara Merawat Wiper yang Benar dan Mudah Mencuci Wiper mobil

Anda harus bisa menjaga kebersihan wiper tersebut karena jangan sampai debu dan kotoran yang menempel pada karet wiper menjadi menempel di kaca mobil Anda. Bukan hanya kaca menjadi bersih namun justru akan menjadi buram karena debu dan kotoran bercampur dengan air hujan. Jika hal ini dibiarkan akan sangat berbahaya bagi keselamatan mengemudi. Pembersihan bisa dilakukan dengan menggunakan air bersih kemudian lap bagian karet dengan lap lembut. Jangan mencuci wiper dengan sabun cuci mobil.

Lakukan Cek Poros Wiper

Cara merawat wiper yang benar selanjutnya adalah selalu rutin mengecek poros wiper. Poros inilah yang akan memudahkan wiper tersebut bergerak dalam menyapu air hujan pada kaca mobil. Hal yang sering menjadi masalah pada wiper adalah perputaran atau pergerakan wiper yang seret. Jika sudah begitu berikanlah pelumas pada poros wiper dengan baik dan benar.

Berikan Cairan Pembersih

gunakan cairan pembersih cara merawat wiper yang benar 5 Cara Merawat Wiper yang Benar dan Mudah af

Bagi Anda yang ingin merawat wiper dengan baik dan benar jangan lupa memberikan cairan pada tangki khusus untuk cairan wiper.  Banyak yang memberikannya air biasa namun untuk mempermudah cara kerja wiper dan membuat kaca menjadi licin berikan tangki tersebut cairan pembersih khusus dicampurkan dengan air. Jika kinerja wiper tersendat akan memudahkannya cepat rusak bahkan patah. Manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan cairan tersebut adalah meminimalisir goresan pada bagian kaca mobil akibat wiper yang fungsinya tersendat.

Penggantian Wiper

mengganti wiper cara merawat wiper yang benar 5 Cara Merawat Wiper yang Benar dan Mudah mengganti wiper 641x400
mengganti wiper

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah lakukanlah penggantian wiper jika fungsinya sudah terganggu. Ciri fungsi wiper yang terganggu adalah suaranya mulai berdecit dan karet menjadi getas. Jika Anda tetap menggunakan wiper tersebut bisa berakibat fatal pada kaca mobil Anda karena karet yang getas akan mudah melukai atau menggores bagian kaca mobil. Idealnya wiper ini dilakukan pergantian selama 1 tahun sekali dan pastikan jika Anda memilih wiper yang sesuai dengan jenis mobil Anda. Alasannya setiap wiper ini memiliki ukuran yang berbeda-beda. Salah dalam memilih ukuran wiper akan membuat pembersihan kaca mobil menjadi tidak maksimal.

Demikianlah cara merawat wiper yang benar dan penting untuk Anda perhatikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *