7 Cara Merawat Pintu Mobil yang Benar dan Paling Efektif

Parkir yang tepat cara merawat pintu mobil yang benar 7 Cara Merawat Pintu Mobil yang Benar dan Paling Efektif bg

Cara merawat pintu mobil yang benar – Pintu mobil baik automatic maupun manual membutuhkan perawatan yang benar. Jika perawatan yang dilakukan salah akan menyebabkan pintu mobil tersebut tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Hal tersebut akan sangat berbahaya sekali karena pintu mobil yang rusak bisa membuatnya tidak tertutup rapat secara sempurna sehingga jika terjadi guncangan dan tidak menggunakan sabuk pengaman orang yang ada di dalam mobil bisa terpelanting keluar dari mobil. Tidak hanya itu saja pintu mobil yang rusak akan menyebabkan air mudah masuk ke dalam kabin akibat kondisi karet yang sudah bermasalah. Oleh sebab itu jangan pernah mengabaikan perawatan pintu mobil ini. Simak adalah beberapa cara merawat pintu mobil yang benar yang bisa Anda lakukan berikut ini:

Menutup Pintu dengan Baik dan Benar

Menutup Pintu mobil dengan benar cara merawat pintu mobil yang benar 7 Cara Merawat Pintu Mobil yang Benar dan Paling Efektif Menutup Pintu mobil dengan benar
Menutup Pintu mobil dengan benar

Banyak orang yang mengabaikan hal ini dimana saat masuk dan keluar mobil sering menutup pintu dengan keras. Ketika hal ini dilakukan secara berulang-ulang akan membuat pintu mobil tersebut menjadi cepat rusak. Tutuplah pintu dengan perlahan dan dengan tenaga yang wajar.

Tempat Parkir yang Tepat

Parkir yang tepat cara merawat pintu mobil yang benar 7 Cara Merawat Pintu Mobil yang Benar dan Paling Efektif bg
Parkir yang tepat

Cara merawat pintu mobil selanjutnya adalah pilihlah tempat parkir yang tepat. Cuaca panas dan terik sinar matahari yang langsung mengarah ke mobil sangat tidak bagus untuk cat dan juga kondisi pintu mobil terutama karet perekat yang mana bisa membuat mobil bisa tertutup dengan sempurna. Karet perekat jika sering terpapar dengan sinar matahari akan membuatnya menjadi getas sehingga umur karet pada pintu mobil tersebut menjadi pendek.

Hindari Menyentuh Karet Pintu

Hal yang tidak boleh dilakukan adalah hindari menyentuh karet pintu secara langsung. Sering menyentuh karet pintu mobil ini akan menyebabkan karet menjadi tergores, terlepas, bahkan menjadi robek. Jika karet sudah mengalami gangguan atau kerusakan menyebabkan pintu mobil akan menjadi cepat rusak.

Bersihkan Karet Secara Berkala

karet pintu mobil cara merawat pintu mobil yang benar 7 Cara Merawat Pintu Mobil yang Benar dan Paling Efektif karet pintu mobil 400x400
karet pintu mobil

Untuk membuat pintu mobil menjadi awet dan tidak mudah rusak penting bagi Anda untuk selalu mengecek dan membersihkan karet pada pintu mobil. Anda bisa membersihkan karet pada pintu mobil tersebut saat melakukan pencucian mobil. Caranya pun sangat mudah yaitu Anda harus menyiapkan lap halus, kuas kecil, dan sedikit air bersih. Bersihkan karet menggunakan kuas yang sudah celupkan ke dalam air, sapu semua karet sampai benar-benar bersih, kemudian keringkan dengan lap. Kotoran maupun debu yang melekat pada karet dan tidak dibersihkan akan bisa mengganggu fungsi dari karet tersebut.

Hindari Membenturkan Pintu Mobil

Untuk bisa merawat pintu mobil yang benar adalah dengan menghindari benturan pada pintu mobil tersebut.  Benturan hanya akan menyebabkan posisi pintu menjadi bergeser terutama jika benturan tersebut sangat keras bisa membuat pintu mobil menjadi terlepas. Untuk meminimalisirnya jangan parkir di tempat yang sempit karena risiko pintu mobil terbentur sangat besar.

Berikan Pelumas

pelumas pintu mobil cara merawat pintu mobil yang benar 7 Cara Merawat Pintu Mobil yang Benar dan Paling Efektif pelumas pintu mobil 711x400
pelumas pintu mobil

Cara merawat pintu mobil yang benar terutama pintu mobil automatic adalah Anda harus bisa memberikan pelumas. Pelumas ini bisa diberikan ke rel pada pintu automatic. Pelumas harus mengandung paraffin dan jangan mengandung oli karena akan membuat kotoran maupun debu akan mudah menempel. Kekurangan pelumas hanya akan membuat pintu mobil menjadi seret dan sulit untuk ditutup.

Mengecek Bearing Secara Rutin

Cara terakhir adalah dengan melakukan pengecekan secara rutin. Salah satu yang harus di cek adalah bearing. Bearing yang tidak terawat dengan baik akan menyebabkannya mengeluarkan bunyi yang tidak lazim. Bunyi tersebut juga menandakan jika sudah waktunya Anda memberikan pelumas.

Demikianlah beberapa cara merawat pintu mobil yang benar dan penting untuk diketahui, semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *