4 Cara Merawat Lampu Mobil Agar Tidak Kuning Paling Efektif

Karet Bohlam mobil cara merawat lampu mobil agar tidak kuning 4 Cara Merawat Lampu Mobil Agar Tidak Kuning Paling Efektif Karet Bohlam mobil

Cara merawat lampu mobil agar tidak kuning – Lampu menjadi bagian vital dalam sebuah mobil terutama di saat malam hari dan saat hujan. Untuk bisa menerangi jalan di saat malam dan cuaca hujan Anda membutuhkan lampu mobil yang bisa berfungsi dengan baik. Sayangnya lampu mobil bisa menjadi kuning dan buram membuat fungsinya menjadi menurun sehingga membuat penerangan Anda menjadi terganggu. Warna kuning pada lampu mobil bisa terjadi jika pemakaian mobil tersebut lebih dari 5 tahun. Selain itu penyebab utamanya adalah pemilik kurang menjaga tampilan eksteriornya terutama di bagian mika lampu. Faktor selanjutnya dikarenakan cuaca yang ekstrem dan paparan sinar UV yang terlalu sering. Untuk bisa mengatasi lampu mobil yang menguning tersebut Anda bisa melakukan beberapa cara seperti berikut ini:

Hindari Parkir di Bawah Terik Sinar Matahari

Parkir di Bawah Terik Sinar Matahari cara merawat lampu mobil agar tidak kuning 4 Cara Merawat Lampu Mobil Agar Tidak Kuning Paling Efektif Parkir di Bawah Terik Sinar Matahari 646x400
Parkir di Bawah Terik Sinar Matahari

Cara merawat lampu mobil agar tidak kuning yang pertama adalah hindari parkir di bawah sinar matahari.  Sinar matahari ini tidak bagus untuk mobil tidak hanya untuk lampu saja namun juga untuk bagian mobil yang lainnya seperti pintu, cat, dan lain sebagainya. Agar lampu tetap awet dan tidak menjadi kuning Anda bisa memarkirkan mobil di tempat yang teduh, jangan memarkir mobil di area outdoor tanpa atap. Pilihlah tempat parkir konvensional yang sudah memiliki atap dan pelindung. Namun jika Anda terpaksa harus memarkirkan mobil di area outdoor Anda bisa menutup body mobil tersebut dengan sarung atau cover mobil.

Bohlam Standar

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah pilihlah bohlam lampu yang sesuai dengan standar. Jika tidak sesuai standar kemungkinan besar mika pada headlamp lampu mobil akan menjadi menguning.  Ada beberapa pemilik mobil yang mengganti bohlam lampu asli atau standar pabrikan dengan variasi.  Jika hal tersebut dilakukan akan membuat perbedaan suhu yang ekstrem antara di dalam mika mobil dengan suhu di luar mika mobil. Sebenarnya boleh saja menggunakan bohlam variasi namun spesifikasinya harus sama dengan standar pabrikan yang sudah ditentukan.

Karet Bohlam

Karet Bohlam mobil cara merawat lampu mobil agar tidak kuning 4 Cara Merawat Lampu Mobil Agar Tidak Kuning Paling Efektif Karet Bohlam mobil 533x400
Karet Bohlam mobil

Cara merawat lampu mobil agar tidak kuning selanjutnya yang bisa dilakukan adalah perhatikan karet penutup bohlam. Kondisi karet yang getas akan menyebabkan debu atau kotoran akan mudah masuk ke dalam rumah lampu sehingga akan menyebabkan mika headlamp berubah menjadi kuning. Sebaiknya ganti sesering mungkin atau ketika mobil tune up.

Seal Penutup Mika

Seal Penutup Mika mobil cara merawat lampu mobil agar tidak kuning 4 Cara Merawat Lampu Mobil Agar Tidak Kuning Paling Efektif Seal Penutup Mika mobil 601x400
Seal Penutup Mika mobil

Anda juga harus memperhatikan seal penutup mikanya. Seal yang rusak, robek, atau getas akan menyebabkan air bisa mudah masuk ke dalam rumah lampu. Tidak hanya itu saja debu dan kotoran pun juga akan mudah masuk.  Jika tidak segera diatasi hal ini akan menyebabkan mika lampu menjadi menguning. Cara mengatasinya dengan mengganti atau merapikan seal penutup mika tersebut.

Mengatasi Lampu Mobil yang Kuning

Jika kondisi lampu sudah menguning Anda bisa melakukan beberapa langkah atau tips supaya mika lampu bisa menjadi cerah kembali. Berikut ini adalah beberapa bahan yang bisa Anda gunakan untuk membuat mika lampu mobil menjadi kembali cerah:

  1. Pasta gigi

Anda bisa menggunakan pasta gigi untuk mengatasi mika lampu mobil yang menguning. Caranya pun sangat mudah yaitu dengan mengoleskan secara merata pada mika lampu yang menguning tersebut.  Setelah itu bersihkan dengan kanebo ataupun lap microfiber, bilas dengan air bersih dan keringkan.

  1. Alkohol dan ampelas

Alkohol dan ampelas ini bisa digunakan untuk mengembalikan kilau dari lampu mobil tersebut. Caranya campurkan alkohol dengan sedikit air kemudian basahi ampelas dan lakukan pengamplasan sampai mika terlihat lebih bersih dan bening. Pengamplasan bisa secara bolak balik yaitu menggunakan yang teksturnya kasar terlebih dahulu baru diganti dengan tekstur yang lembut, kemudian bilas dengan air, dan keringkan.

Demikianlah cara merawat lampu mobil agar tidak kuning dan cara mengatasinya, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *