5 Cara Merawat Bagasi Mobil Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Menutup secara perlahan cara merawat bagasi mobil agar awet 5 Cara Merawat Bagasi Mobil Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak Menutup secara perlahan 600x800

Cara merawat bagasi mobil agar awet – Mobil menjadi kendaraan yang nyaman dan tepat untuk berkendara bersama dengan keluarga. Bahkan mobil ini lebih aman terutama jika untuk menempuh perjalanan yang jauh. Dengan mengendarai mobil Anda akan terbebas dari terik  sinar matahari dan juga rintikan air hujan. Selain itu mobil ini sangat praktis untuk membawa barang-barang bawaan terutama jika jumlahnya banyak. Barang bawaan tersebut bisa disimpan di dalam bagasi.

Kebanyakan pemilik mobil hanya melajukan pengecekan interior dan juga mesin mobil saja dan jarang ada yang memberlakukan pengecekan dan perawatan terhadap bagasi. Bagasi yang tidak terawat membuatnya tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Permasalahan yang sering terjadi adalah terletak pada pintu bagasi tersebut dimana bisa menurun dengan sendirinya, selain itu pintu bagasi mobil bisa dibuka dan ditutup dengan mudah jika kondisinya sudah rusak dan bermasalah. Hal ini akan sangat berbahaya jika ada orang yang tidak bertanggung jawab membuka bagasi Anda terutama jika isinya adalah barang-barang berharga. Supaya hal tersebut tidak terjadi simak cara merawat bagasi mobil agar awet berikut ini:

Menjaga Kebersihan Pintu Bagasi

Menjaga kebersihan Pintu Bagasi cara merawat bagasi mobil agar awet 5 Cara Merawat Bagasi Mobil Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak kebersihan Pintu Bagasi 552x400
Menjaga kebersihan Pintu Bagasi

Cara merawat bagasi mobil agar awet yang pertama adalah jagalah kebersihan pintu bagasi. Untuk pembersihannya bisa menggunakan cleaner dan juga vacuum cleaner. Pintu bagasi yang kotor sangat tidak bagus untuk keawetan pegas yang ada di pintu bagasi tersebut. Keberadaan pegas ini sangat penting karena bisa memudahkan pintu bagasi untuk dibuka ke arah atas. Saat ini banyak pintu mobil yang dibuka ke arah atas baik itu MPV, sedan Hatchback, LCGC, dan lainnya. Pegas yang saat ini banyak digunakan adalah jenis hidrolik.

Menutup Pintu dengan Wajar

Menutup secara perlahan cara merawat bagasi mobil agar awet 5 Cara Merawat Bagasi Mobil Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak Menutup secara perlahan
Menutup secara perlahan

Untuk membuat pintu bagasi awet adalah tutuplah pintu bagasi dengan wajar. Tujuannya supaya pegas hidrolik tersebut tidak mudah rusak. Jika pegas hidroliknya rusak maka pintu bagasi tersebut akan mudah untuk turun ke bawah. Selama ini banyak yang tidak sadar jika menutup pintu bagasi dengan tenaga yang berlebihan, atau bahkan ada yang menutup pintu bagasi dengan keras.

Hindari Membawa Beban yang Berlebihan

Setiap mobil dilengkapi dengan kapasitas bagasi masing-masing. Jangan pernah membawa barang melebihi dari kapasitas bagasi yang sudah ditentukan. Oleh sebab itu sejak awal pembelian mobil penting bagi Anda untuk menganalisa kebutuhan apakah membeli mobil untuk bepergian bersama dengan keluarga atau untuk tujuan lain. Jika membeli mobil untuk berdagang maka sejak pembelian penting bagi Anda untuk memperhatikan berapa kapasitas bagasinya tujuannya untuk menghindari overload saat membawa barang dagangan.

Hindari Pembersihan dengan Ampelas

hindari amplas untuk mobil cara merawat bagasi mobil agar awet 5 Cara Merawat Bagasi Mobil Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak amplas untuk mobil
hindari amplas untuk mobil

Untuk pintu bagasi mobil yang dilengkapi dengan hidrolik penting untuk tahu bagaimana cara merawat dan membersihkan pintu bagasi tersebut dengan tepat. Salah satu cara yang harus dihindari adalah jangan membersihkan kotoran yang ada di batang as dengan ampelas. Jika permukaan batang as tersebut tidak rata, kerja dan mekanisme di bagian hidrolik akan jadi terganggu.

Kebersihan Poros

Pintu bagasi akan awet tergantung dengan pemakaian dan juga perawatannya. Perawatan mobil terakhir yang bisa dilakukan adalah selalu jaga kebersihan poros. Jika ada kotoran yang menempel pada poros tersebut bersihkan dengan lap kering atau chamois.

Jangan tunggu rusak terlebih dahulu baru sadar jika perawatan bagasi ini penting. Dengan perawatan yang tepat Anda akan diuntungkan berupa pegas di pintu bagasi lebih awet sehingga kondisi keamanan di dalam bagasi menjadi terjamin. Jika sampai pegas dan komponen lainnya rusak biaya penggantiannya tidak bisa dibilang murah. Oleh sebab itu lakukanlah cara merawat bagasi mobil agar awet secara teratur dan konsisten supaya kerusakan bisa dihindari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *