4 Cara Mengatasi Mesin Mobil Mati Saat Injak Kopling yang Mudah

Kampas Kopling Mobil cara mengatasi mesin mobil mati saat injak kopling 4 Cara Mengatasi Mesin Mobil Mati Saat Injak Kopling yang Mudah Kampas Kopling Mobil

Cara mengatasi mesin mobil mati saat injak kopling – Saat memiliki mobil Anda harus tahu bagaimana cara melakukan perawatan dan penanganan yang benar, sebab minim ilmu akan membuat kinerja mobil menjadi tidak maksimal. Perawatan mobil ini harus spesifik dikarenakan memiliki berbagai macam interior. Perawatan yang kurang maksimal hanya akan menyebabkan bagian interior tersebut menjadi rusak bahkan bermasalah. Masalah yang bisa dialami adalah ketika menginjak kopling mesin mobil menjadi mati.

Banyak pemiliknya yang mengungkapkan bahwa mobil masih dalam kondisi prima namun ketika di tanjakan atau di turunan yang membutuhkan kopling rpm menjadi menurun drastis bahkan bisa membuat mobil menjadi mati tiba-tiba. Bagi Anda yang mengalami masalah ini ada beberapa cara mengatasi mesin mobil mati saat injak kopling yang bisa Anda lakukan berikut ini:

Bersihkan Karburator

Bersihkan Karburator mobil cara mengatasi mesin mobil mati saat injak kopling 4 Cara Mengatasi Mesin Mobil Mati Saat Injak Kopling yang Mudah Bersihkan Karburator mobil

Penyebab mesin mobil mati saat menginjak kopling bisa disebabkan oleh karburator yang kotor. Kotoran yang melekat pada karburator dan tidak segera ditangani akan menyebabkannya  menjadi kerak sehingga mengganggu fungsi dari karburator tersebut. Oleh sebab itu rutinlah membersihkan karburator supaya hal tersebut tidak terjadi. Pembersihannya pun harus tepat yaitu dengan menggunakan karburator cleaner. Tunggulah beberapa hari untuk melihat apakah ada perubahan pada mobil Anda, jika keadaannya masih sama dan performa mobil belum stabil Anda perlu melakukan OH karburator supaya kotoran yang menempel di venturi bisa dibersihkan.

Perbaiki Kabel Persneling

Kabel Persneling mobil cara mengatasi mesin mobil mati saat injak kopling 4 Cara Mengatasi Mesin Mobil Mati Saat Injak Kopling yang Mudah Kabel Persneling mobil
Kabel Persneling mobil

Jika masalahnya tidak terletak pada karburator bisa jadi masalahnya ada pada kabel persneling. Kabel persneling yang putus ini akan menyebabkan rpm mobil menjadi turun atau bahkan mati ketika kopling di injak. Hal itu dikarenakan persneling ini merupakan sistem penggerak dan ketika bermasalah mesin mobil tidak akan bisa bergerak normal sehingga transmisinya juga menjadi terganggu.

Mengganti Kampas Kopling Mobil

Kampas Kopling Mobil cara mengatasi mesin mobil mati saat injak kopling 4 Cara Mengatasi Mesin Mobil Mati Saat Injak Kopling yang Mudah Kampas Kopling Mobil 511x400

Cara mengatasi mesin mobil mati saat injak kopling selanjutnya dengan mengganti kampasnya. Beberapa kasus yang berkaitan dengan performa mobil yang menurun bahkan sampai tidak memiliki tenaga sama sekali sering berhubungan dengan kampas kopling ini. Hal ini akan sangat terasa ketika menanjak atau jalan menurun.  Kampas kopling yang habis membuat tenaga dari mesin mobil ini tidak bisa tersalurkan ke bagian transmisi secara maksimal sehingga hanya berkutat pada mesin saja dan tidak mampu menggerakkan roda mobil. Hal inilah yang membuat mesin mobil bergerak lambat kemudian mati. Bahaya jika kampas kopling tidak segera diganti tidak hanya berpengaruh terhadap performa mesin mobil itu sendiri namun juga berdampak pada komponen-komponen lainnya di sistem kopling sehingga mobil tidak akan bisa digerakkan sama sekali.

Service Air Flow Meter

Sensor paling penting pada mesin injeksi adalah air flow meter yang mana fungsinya adalah mengukur dan menyalurkan udara ke mesin mobil. Air flow yang bermasalah akan membuat rpm mobil menurun dengan drastis bahkan mesin bisa tidak ada tenaga sama sekali ketika menginjak kemudian melepaskan kopling, selain itu juga bisa terjadi ketiga gas pedal diinjak.

Untuk membuat mobil bisa melaju kembali cobalah untuk memperbaiki air flow meter tersebut dengan membawanya ke bengkel. Selain mesin mobil yang mati tanda-randa air flow bermasalah lainnya adalah ketika diinjak gas tenaga mesin sedikit hilang, mesin terasa bergetar atau bagian idle terasa kasar, jarum RPM di bagian putaran mesin terayun naik turun bahkan bisa mencapai 200 rpm, asap knalpot bau dan terasa pedih dan knalpot mengeluarkan percikan api.

Mesin mobil mati saat injak kopling sangat berbahaya karena bisa menyebabkannya bergerak tanpa kendali. Lakukanlah beberapa cara mengatasi mesin mobil mati saat injak kopling seperti yang dilakukan di atas supaya gerak mobil bisa normal kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *