Cara Memperbaiki Bodi Mobil Keropos yang Terampuh

Keropos besar dengan Epoxy Primer cara memperbaiki bodi mobil keropos Cara Memperbaiki Bodi Mobil Keropos yang Terampuh Keropos Kecil dengan Epoxy Primer

Keluhan seputar keropos yang terjadi pada bodi mobil membuat banyak orang mencari cara memperbaiki bodi mobil keropos yang terampuh. Bagaimana tidak, keropos pada bodi mobil selain mengganggu penampilan juga bisa berakibat buruk karena biasanya keropos itu menular. Keropos bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah bodi mobil terkena garam dalam jangka waktu yang lama. Garam di sini bisa saja didapatkan saat anda sedang liburan ke pantai dan mobil anda terpapar anginnya. Faktor lain adalah karena ada air yang terlalu lama mengendap di bagian mobil tertentu seperti kap. Jika sudah seperti itu, maka korosi atau keropos tidak bisa dihindarkan. Meskipun mobil sekarang umumnya sudah memiliki lapisan anti karat, nyatanya keropos masih saja terjadi. Nah, jika anda mencari cara memperbaiki bodi mobil keropos yang terampuh, berikut adalah penjelasannya.

Keropos Kecil

Keropos Kecil dengan Epoxy cara memperbaiki bodi mobil keropos Cara Memperbaiki Bodi Mobil Keropos yang Terampuh Keropos Kecil 533x400
Keropos Kecil dengan Epoxy

Ada baiknya sebelum anda mulai memperbaiki keropos pada bodi mobil anda untuk mengetahui tingkat keparahan keroposnya. Jika keropos masih terhitung kecil atau belum parah, maka anda bisa mengatasinya dengan cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan ampelas dan Epoxy yang bisa dengan mudah anda temukan di toko-toko aksesori. Ingat untuk mencari Epoxy yang khusus bagi keperluan repair bodi mobil karena ada jenis Epoxy lain yang digunakan untuk lantai. Untuk harganya sendiri cukup murah, anda bisa mendapatkan Epoxy pada kisaran harga Rp. 80.000 saja. Sedangkan langkah pengaplikasiannya adalah dengan mengampelas permukaan yang keropos terlebih dahulu. Setelah itu, lapiskan Epoxy secara merata hingga seluruh keropos tertutupi.

Keropos Besar

Keropos besar dengan Epoxy Primer cara memperbaiki bodi mobil keropos Cara Memperbaiki Bodi Mobil Keropos yang Terampuh Keropos Kecil dengan Epoxy Primer 711x400
Keropos besar dengan Epoxy Primer

Cara memperbaiki bodi mobil keropos yang terampuh untuk area keropos yang besar terbilang cukup sulit. Pertama-tama, anda perlu mengampelas seluruh bagian mobil yang terkena keropos tersebut hingga benar-benar halus. Jika sudah halus, gunakan degreaser untuk mengelap permukaan yang baru saja di ampelas. Tujuannya adalah untuk menghilangkan serpihan-serpihan yang tertinggal dari bodi mobil anda. Selanjutnya, anda bisa menggunakan Epoxy Primer Surface untuk mendapatkan hasil permukaan bodi mobil yang rata.

Namun jika keroposnya terlalu besar, maka anda bisa menggunakan dempul terlebih dahulu. Tambal lubang-lubang pada bodi supaya bisa rata kembali. Jangan lupa untuk mengampelas dempul yang sudah menempel setelah kering agar menjadi rata dan halus kembali. Tahap akhir adalah melakukan pengecatan ulang supaya bagian yang di dempul tadi menjadi tersamarkan.

Keropos Kronis

menggunakan plat penutup keropos mobil cara memperbaiki bodi mobil keropos Cara Memperbaiki Bodi Mobil Keropos yang Terampuh menggunakan plat penutup keropos mobil 533x400
menggunakan plat penutup keropos mobil

Jika keropos yang anda alami sudah pada tahap kronis, maka dua langkah di atas tidak bisa di aplikasikan lagi. Ada cara terakhir yang bisa anda lakukan yaitu dengan menggunakan plat sebagai dasar penutup area yang keropos. Untuk menggunakan teknik ini, diperlukan ketelitian dan kecermatan supaya hasilnya bisa sesuai dengan yang diharapkan. Anda bisa memperbaikinya sendiri dengan risiko besar bodi mobil menjadi tidak rata, atau anda bisa membawanya langsung ke tempat repair bodi mobil supaya mendapatkan perawatan yang semestinya. Teknik penggunaan plat ini biasanya diaplikasikan pada bagian-bagian bawah mobil seperti bumper depan, pintu bagian bawah yang sering terkena air, dan area sekitar ban.

Demikianlah cara memperbaiki bodi mobil keropos yang terampuh yang bisa anda coba. Bagaimanapun, lebih baik untuk selalu menjaga bodi mobil anda daripada harus memperbaikinya saat sudah terkena keropos. Selain mahal, risiko bodi tidak seperti sebelumnya juga bisa saja terjadi. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *