6 Cara Merawat Kaki Kaki Mobil Paling Mudah

Komponen Kaki Mobil cara merawat kaki kaki mobil 6 Cara Merawat Kaki Kaki Mobil Paling Mudah Komponen Kaki Mobil 1

Cara merawat kaki kaki mobil – Selain mesin, bagian kaki mobil ini juga harus dirawat karena mendapatkan tekanan yang besar. Jika mengalami kerusakan akan menyebabkan mobil tidak bisa berjalan dengan lancar. Tidak hanya itu saja kaki mobil yang bermasalah akan menyebabkan kenyamanan berkendara menjadi terganggu bahkan bisa menyebabkan kecelakaan. Biasanya jika kaki mengalami kerusakan bisa merembet ke komponen lainnya. Pengecekan dan perawatan ini harus dilakukan secara berkala terutama jika usianya lebih dari 5 tahun. Berikut ini adalah beberapa cara merawat kaki kaki mobil yang penting untuk Anda lakukan:

Cek Beberapa Komponen Kaki Mobil

Komponen Kaki Mobil  cara merawat kaki kaki mobil 6 Cara Merawat Kaki Kaki Mobil Paling Mudah Komponen Kaki Mobil 1
Komponen Kaki Mobil

Untuk melakukan perawatan kaki mobil yang tepat penting bagi Anda untuk mengecek beberapa komponen yang ada pada kaki-kaki mobil tersebut. Berikut adalah 6 komponennya yang harus dicek:

  1. Shockbreaker

Komponen kaki ini berguna untuk meredam segala guncangan yang terjadi akibat jalanan yang tidak rata, berlubang, dan lain sebagainya. Biasanya shockbreaker ini terbuat dari bahan anti karat sehingga daya tahannya sangat tinggi. Komponen ini perlu pengecekan dikarenakan jika terlalu lama digunakan daya redamnya bisa menjadi menurun. Akibatnya Anda akan terasa limbung dan menjadi tidak nyaman karena guncangan akan sangat terasa terutama jika mobil melaju dengan kecepatan yang tinggi. Ciri shockbreaker yang rusak akan menimbulkan suara bising saat melaju dan cobalah untuk mengendarai mobil, jika rasanya limbung shockbreaker harus diganti.

  1. Bushing arm

Komponen lainnya yang harus dicek untuk merawat kaki mobil menjadi lebih awet adalah mengecek bagian bushing arm. Bushing arm ini adalah komponen yang tugasnya sebagai titik tumpu roda dan pencengkeram roda. Bentuknya mirip dengan selongsong besi dan disokong oleh karet. Alat ini juga memiliki tanggung jawab untuk meredam getaran yang terjadi diantara suspensi di bagian kaki mobil. Bushing arm ini juga akan membuat mobil menjadi tidak nyaman untuk dikendarai, selain itu suara bisingnya akan membuat ketenangan di dalam mobil menjadi terganggu. Cara mudah untuk mendeteksi apakah bushing arm ini mengalami kerusakan adalah dengan mengamati arah laju mobil tersebut. Jika arahnya selalu melenceng di bagian kanan atau kiri maka bushing arm ini harus segera diperbaiki.

  1. Bearing

Bearing ini menjadi bagian terpenting dari kaki mobil karena menjadi bantalan roda. Kestabilan laju mobil juga sangat tergantung dengan bearing. Cara pendeteksian apakah bearing mengalami masalah atau tidak adalah dengan memperhatikan perputaran roda satu per satu. Jika ada suara gemuruh atau bising itu tandanya bearing Anda mengalami masalah. Atasilah hal ini dengan mengganti bearing dengan yang baru.

  1. Ban

Komponen kaki mobil yang harus dirawat selanjutnya adalah ban. Setelah melakukan perjalanan panjang ban inilah yang dampaknya akan terasa karena bergesekan langsung dengan aspal. Ban inilah yang paling bekerja keras dalam setiap perjalanan. Oleh sebab itu ban ini sangat berpengaruh terhadap performa kaki mobil supaya bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk merawat dan melakukan pengecekan bisa dengan melakukan rotasi ban.

Gunakan Velg yang Sesuai

Velg mobil cara merawat kaki kaki mobil 6 Cara Merawat Kaki Kaki Mobil Paling Mudah Velg mobil 533x400

Cara merawat kaki kaki mobil selanjutnya adalah dengan gunakanlah velg yang sesuai. Hindari menggunakan velg variasi yang spesifikasinya tidak sesuai dengan kebutuhan mobil. Yang sering dilakukan adalah menggunakan velg besar dari ukuran yang ditentukan. Velg yang berukuran besar akan menyebabkan komponen kaki mobil lainnya juga menjadi rusak.

Berjalan Perlahan

Supaya kaki mobil tetap awet dan dalam kondisi prima harus bisa mengendalikan diri supaya tidak melalui jalan atau medan yang rusak. Jangan terlau sering menghentakkan kaki mobil di jalan yang rusak karena bisa berdampak buruk. Selain itu berhati-hatilah dengan polisi tidur karena menerjang polisi tidur dengan kecepatan tinggi hanya akan membuat kaki mobil menjadi cepat rusak.

Demikianlah cara merawat kaki kaki mobil yang penting untuk Anda lakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *